Kamis, 22 Desember 2011

Legenda Valhalla

Dari Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas

Dalam mitologi Skandinavia, Valhalla (keinggeris-inggerisan dari Norse Valhǫll "aula dibunuh" adalah ruang, besar megah yang terletak di Asgard, memerintah atas oleh Dewa Odin. Dipilih oleh Odin, setengah dari mereka yang mati dalam perjalanan tempur Valhalla setelah kematian, yang dipimpin oleh Valkyries, sementara separuh lainnya pergi ke lapangan dewi Freyja's Fólkvangr. Dalam Valhalla, orang mati bergabung dengan massa orang-orang yang telah meninggal dalam pertempuran yang dikenal sebagai Einherjar, serta berbagai pahlawan legendaris Jerman dan raja-raja, karena mereka sedang mempersiapkan untuk membantu Odin selama peristiwa Ragnarok. Sebelum lorong berdiri pohon Glasir emas, dan langit-langit ruang adalah jerami dengan perisai emas. Berbagai makhluk hidup di sekitar Valhalla, seperti Eikþyrnir rusa dan kambing Heiðrún, keduanya digambarkan sebagai berdiri di atas Valhalla dan memakan dedaunan pohon Læraðr.

Valhalla dibuktikan dalam Poetic Edda, disusun dalam abad ke-13 dari sumber-sumber tradisional sebelumnya, Prosa Edda, yang ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson, di Heimskringla, juga ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson, dan dalam bait dari anonim abad ke-10 puisi memperingati kematian seorang Bloodaxe Eric dikenal sebagai Eiríksmál seperti yang dikumpulkan dalam Fagrskinna. Valhalla telah mengilhami berbagai karya seni, judul publikasi, referensi budaya populer, dan telah menjadi sebuah aula istilah sinonim dengan beladiri (atau sebaliknya) dari orang mati yang dipilih.


Attestations

J Valkyrie, minum tanduk di tangan, menunggu di gerbang Valhalla pada batu gambar Tjängvide dari Pulau Gotland, bertempat di Museum Nasional Antiquities Swedia di Stockholm, Swedia.
Tiga Valkyries bantalan ale di Valhalla (1895) oleh Lorenz Frølich.

Puitis Edda

Valhalla direferensikan di panjang dalam puisi Puitis Edda Grímnismál, dan Helgakviða Hundingsbana II, sedangkan Valhalla menerima referensi langsung lebih rendah dalam bait 33 Völuspá, dimana kematian Baldr's dewa disebut sebagai celakalah "dari Valhalla",dan dalam bait 1 sampai 3 dari Hyndluljóð, dimana dewi Freyja menyatakan niatnya untuk Valhalla mengendarai dengan Hyndla, dalam upaya untuk membantu minyak mawar, serta dalam bait 6 sampai 7, dimana Valhalla disebutkan lagi selama sengketa antara keduanya.

Grímnismál

Dalam bait 8-10 dari Grímnismál, dengan Odin dewa (dalam kedok Grímnir) menyatakan bahwa Valhalla terletak di wilayah Glaðsheimr. Odin muncul menggambarkan Valhalla sebagai bersinar dan emas, dan bahwa "naik damai" jika dilihat dari jauh. Dari Valhalla, setiap hari Odin memilih dari mereka yang telah meninggal dalam pertempuran. Valhalla telah tombak-poros untuk balok, atap jerami dengan perisai, mantel surat yang berserakan di atas bangku tersebut, serigala tergantung di depan pintu barat, dan elang melayang di atasnya.

Dari bait 22-24, rincian lebih lanjut diberikan oleh Odin tentang Valhalla: pintu suci gerbang kuno Valgrind berdiri di depan Valhalla, Valhalla memiliki lima ratus empat puluh pintu bahwa delapan ratus orang dapat keluar dari sekaligus (dari yang einherjar akan mengalir sebagainya untuk melibatkan serigala Fenrir di Ragnarok). Dalam Valhalla ada ruang Thor Bilskirnir, dan di dalamnya ada lima ratus empat puluh kamar, dan dari semua ruang dalam Valhalla, menyatakan Odin bahwa dia pikir anaknya mungkin terbesar.Dalam bait 25 sampai 26, menyatakan Odin bahwa kambing Heiðrún dan berdiri Eikþyrnir rusa jantan di atas Valhalla dan merumput di cabang-cabang pohon Læraðr. Heiðrún menghasilkan tong dari madu yang minuman keras tidak dapat dibandingkan dengan, dan dari tanduk Eikþyrnir's tetes cair ke musim semi Hvergelmir yang mengalir keluar dari seluruh perairan.
[Sunting] Helgakviða Hundingsbana II

Dalam bait 38 Helgakviða Hundingsbana II, pahlawan Helgi Hundingsbane meninggal dan pergi ke Valhalla. Dalam bait 38, kemuliaan Helgi di sana digambarkan:
"Kembali Hundingbane untuk Valhal" (1912) oleh Wallcousins Ernest.

Begitu juga Helgi samping pemimpin
seperti abu terang-tumbuh di samping-semak duri
dan rusa muda, basah di embun,
yang mengungguli semua binatang lain
dan tanduk yang bersinar di langit itu sendiri.

Prosa berikut setelah bait ini, menyatakan bahwa penguburan-gundukan dibuat untuk Helgi, dan bahwa ketika Helgi tiba di Valhalla, ia diminta oleh Odin untuk mengelola hal-hal dengan dia. Dalam bait 39, Helgi, sekarang di Valhalla, telah Hunding mantan musuh - juga di Valhalla - tugas kasar lakukan; mengambil kaki-mandi untuk semua orang di sana, kayu api, mengikat anjing, menjaga kuda, dan memberi makan babi sebelum dia bisa tidur. Dalam bait 40-42, Helgi telah kembali ke Midgard dari Valhalla dengan sejumlah orang. Perawan tak bernama Sigrún, istri Helgi Valkyrie's, melihat Helgi dan host yang besar laki-laki naik ke gundukan tanah. Pelayan itu bertanya apakah dia mengalami delusi, jika Ragnarok mulai, atau jika Helgi dan anak buahnya telah diizinkan kembali.

Dalam bait berikutnya, Helgi menjawab bahwa tidak ada hal-hal ini telah terjadi, dan jadi pembantu Sigrún itu pulang ke Sigrún. Pelayan itu memberitahu Sigrún bahwa gundukan pemakaman telah membuka, dan yang Sigrún Helgi harus pergi ke sana, sebagai Helgi telah memintanya datang dan cenderung luka-lukanya, yang telah membuka dan berdarah. Sigrún masuk ke gundukan itu, dan menemukan bahwa Helgi adalah bersimbah darah kental, rambutnya penuh dengan es. Penuh dengan sukacita di reuni itu, Sigrún mencium sebelum ia dapat menghapus mantelnya surat, dan bertanya bagaimana dia bisa menyembuhkan dia. Sigrún membuat tempat tidur di sana, dan kedua tidur bersama dalam gundukan pemakaman tertutup. terbangun Helgi, menyatakan bahwa ia harus "naik di sepanjang jalan darah merah, untuk mengatur kuda pucat untuk menapak jalan langit," dan kembali sebelum ayam berkokok Salgófnir. Helgi dan sejumlah orang naik pergi, dan Sigrún dan pelayannya kembali ke rumah mereka. Sigrún telah pembantunya menunggu oleh mound malam berikutnya, tetapi ketika ia tiba di subuh, dia menemukan bahwa ia belum kembali. Prosa narasi di akhir puisi menceritakan bahwa Sigrún meninggal karena kesedihan, tetapi bahwa keduanya diduga telah dilahirkan kembali sebagai Helgi Haddingjaskati dan Kara Valkyrie.

Prosa Edda

"Gylfe berani berdiri sebelum Odin" (1908) oleh George Wright.
Dalam ilustrasi dari abad ke-17 naskah Icelandic, Heimdall ditampilkan menjaga pintu gerbang Valhalla.

Valhalla dirujuk dalam buku-buku Prosa Edda Gylfaginning dan Skáldskaparmál.

Gylfaginning


Valhalla pertama kali disebutkan dalam bab 2 dari buku Gylfaginning Prosa Edda, di mana dijelaskan sebagian dalam bentuk euhemerized. Dalam bab ini, Raja Gylfi set ke Asgard dalam menyamar sebagai seorang tua akan dengan nama Gangleri untuk menemukan sumber kekuatan para dewa. Narasi menyatakan bahwa Æsir meramalkan kedatangannya dan telah menyiapkan ilusi besar untuknya, sehingga ketika Gangerli memasuki benteng, dia melihat sebuah ruangan dari suatu ketinggian, ia kesulitan untuk melihat di atasnya, dan pemberitahuan bahwa atap lorong adalah tercakup dalam perisai emas, seolah-olah mereka herpes zoster. Snorri kemudian mengutip sebuah bait oleh Þjóðólfr skald dari Hvinir (c. 900). Saat ia terus, Gangleri melihat seorang laki-laki di ambang pintu ruang juggling pedang pendek, dan menjaga tujuh di udara sekaligus. Antara lain, orang itu mengatakan bahwa lorong milik raja, dan menambahkan bahwa ia dapat mengambil Gangleri kepada raja. Gangleri mengikutinya, dan pintu menutup di belakangnya. Semua di sekelilingnya ia melihat banyak tempat tinggal, dan kerumunan orang, beberapa di antaranya bermain game, ada yang minum, dan yang lainnya berjuang dengan senjata. Gangleri melihat tiga tahta, dan tiga tokoh duduk di atas mereka: Tinggi duduk di atas takhta terendah, Baru-As-tinggi duduk di atas takhta tertinggi berikutnya, dan Ketiga duduk di tertinggi. Pria membimbing Gangleri memberitahukan kepadanya bahwa tinggi merupakan raja aula.

Dalam pasal 20, menyatakan Ketiga bahwa Odin Mans Valhalla dengan Einherjar: orang mati yang jatuh dalam pertempuran dan menjadi anak-anak Odin angkat. Dalam pasal 36, menyatakan Tinggi yang Valkyries menyediakan minuman dan melihat ke meja di Valhalla, dan bait Grímnismál 40-41 kemudian dikutip dalam referensi ini. Yang tinggi akan terus bahwa Valkyries dikirim oleh Odin ke setiap pertempuran, di mana mereka memilih siapa yang harus mati, dan menentukan kemenangan.

Dalam bab 38, Gangleri mengatakan: "Anda mengatakan bahwa semua manusia yang telah jatuh dalam pertempuran dari awal dunia sekarang dengan Odin di Valhalla. Dengan apa yang dia makan mereka aku harus berpikir orang banyak ada yang besar.?" Tinggi menjawab bahwa ini memang benar, bahwa jumlah besar sudah di Valhalla, tetapi belum jumlah ini akan tampak terlalu sedikit ketika "serigala datang." Tinggi menjelaskan bahwa ada pernah terlalu banyak untuk makan di Valhalla, karena mereka pesta dari Sæhrímnir (di sini digambarkan sebagai babi hutan), dan bahwa binatang ini dimasak setiap hari dan setiap malam seluruh lagi. Grímnismál 18 bait kemudian menceritakan. Gangleri bertanya apakah Odin sendiri makan makanan yang sama sebagai Einherjar, dan High menjawab bahwa Odin tidak perlu makan - Odin hanya mengkonsumsi anggur - dan ia memberi makanan kepada serigala-nya Geri dan Freki. 19 Grímnismál bait kemudian menceritakan. Tinggi selain itu menyatakan bahwa saat matahari terbit, Odin mengirim gagak nya Hugin dan Munin dari Valhalla untuk terbang di seluruh seluruh dunia, dan mereka kembali dalam waktu makan pertama di sana.

Dalam bab 39, Gangleri bertanya tentang makanan dan minuman yang Einherjar mengkonsumsi, dan bertanya apakah air hanya tersedia di sana. Tinggi menjawab bahwa, tentu saja, Valhalla memiliki makanan dan minuman cocok untuk raja dan jarls, untuk larutan madu dikonsumsi di Valhalla dihasilkan dari ambing kambing Heiðrún, yang pada gilirannya feed pada daun dari pohon "terkenal" Læraðr. kambing menghasilkan banyak madu dalam satu hari yang mengisi tong besar begitu besar sehingga semua Einherjar di Valhalla bisa memuaskan kehausan mereka dari itu. Tinggi lebih lanjut menyatakan bahwa, lebih terutama, rusa Eikþyrnir berdiri di atas Valhalla dan juga mengunyah pada cabang Læraðr. Begitu banyak air menetes dari tanduknya yang jatuh ke sumur Hvelgelmir, mengakibatkan banyak sungai.

Dalam bab 40, Gangleri muses yang Valhalla harus cukup ramai, untuk yang Tinggi merespon dengan menyatakan bahwa Valhalla sangat besar dan tetap lapang meskipun jumlah besar penduduk, dan kemudian mengutip bait Grímnismál 23. Dalam bab 41, Gangleri mengatakan bahwa Odin tampaknya cukup menjadi penguasa kuat, karena dia cukup kontrol pasukan besar, tapi dia belum bertanya-tanya bagaimana Einherjar sibuk menjaga diri mereka sendiri ketika mereka tidak minum. Tinggi menjawab bahwa setiap hari, setelah mereka berpakaian dan mengenakan perlengkapan perang mereka, mereka keluar ke halaman dan pertempuran satu sama lain dalam satu-satu pertempuran untuk olahraga. Kemudian, ketika waktu makan datang, mereka naik rumah untuk Valhalla dan minum. Tinggi kemudian mengutip bait Vafþrúðnismál 41. Dalam bab 42, Tinggi menjelaskan bahwa, "tepat pada awal, ketika para dewa itu menetap" mereka telah mendirikan Asgard dan kemudian dibangun Valhalla kematian Baldr dewa diceritakan dalam bab 49,. Mana mistletoe yang digunakan membunuh Baldr digambarkan sebagai pertumbuhan barat Valhalla.

Skáldskaparmál

Abad ke 7 Tängelgårda batu menggambarkan seorang tokoh sepasukan prajurit semua cincin bantalan. simbol Valknut diambil di bawah kudanya.

Pada awal Skáldskaparmál, sebagian rekening euhemerized diberikan dari Ægir mengunjungi dewa di Asgard dan pedang berkilauan dibawa keluar dan digunakan sebagai satu-satunya sumber cahaya mereka ketika mereka minum. Di sana, banyak dewa pesta, mereka punya banyak madu yang kuat, dan aula telah dinding-panel ditutupi dengan perisai yang menarik Lokasi ini dikukuhkan sebagai Valhalla dalam bab 33.

Macam apa mimpi adalah bahwa, Odin? Aku bermimpi aku bangkit sebelum fajar untuk membersihkan Val-ruang bagi orang-orang terbunuh. Aku membangkitkan Einheriar, menyuruh mereka bangun untuk menaburkan bangku, membersihkan cangkir bir, para Valkyries untuk melayani anggur untuk kedatangan seorang pangeran.

Dalam bab 17 dari Skáldskaparmál, yang jötunn Hrungnir dalam murka dan, ketika mencoba untuk mengejar dan menyerang Odin pada nya Sleipnir kuda, akhirnya di pintu untuk Valhalla. Di sana, para Æsir mengundang dia untuk minum. Hrungnir masuk, kebutuhan minum, dan menjadi mabuk dan agresif, menyatakan bahwa ia akan menghapus Valhalla dan bawa ke negeri orang jötunn, Jötunheimr, antara berbagai hal lain. Akhirnya, ban dewa-nya membual dan aktifkan Thor, yang tiba. Hrungnir menyatakan bahwa Thor berada di bawah perlindungan mereka, dan kemudian ia tidak dapat dirugikan sementara di Valhalla. Setelah pertukaran kata-kata, Hrungnir tantangan Thor untuk duel di lokasi Griotunagardar, mengakibatkan kematian Hrungnir itu.

Dalam bab 34, pohon Glasir dinyatakan sebagai terletak di depan pintu Valhalla. Pohon ini digambarkan memiliki dedaunan emas merah dan menjadi pohon paling indah di kalangan dewa dan manusia. Sebuah kutipan dari karya abad ke-9 skald Bragi Boddason disajikan yang menegaskan deskripsi.

Heimskringla

Valhalla disebutkan dalam bentuk euhemerized dan sebagai unsur sisa kepercayaan pagan Norse di Heimskringla. Dalam bab 8 dari saga Ynglinga, yang "historis" Odin digambarkan sebagai penobatan hukum pemakaman di negaranya. Hukum-hukum ini mencakup bahwa semua orang mati harus dibakar di tumpukan kayu di sebuah gundukan pemakaman dengan harta benda mereka, dan abu mereka harus dibawa ke laut atau dikubur dalam bumi. mati kemudian akan tiba di Valhalla dengan segala sesuatu yang salah telah atas tumpukan kayu mereka, dan apa pun yang telah tersembunyi di dalam tanah Valhalla. adalah tambahan yang disebutkan dalam frase "mengunjungi Odin" dalam pekerjaan dengan abad ke-10 skald Þjóðólfr dari Hvinir menjelaskan bahwa, saat kematiannya, Raja Vanlandi pergi ke Valhalla.

Dalam bab 32 dari saga Hákonar Góða, Haakon I dari Norwegia diberi pemakaman pagan, yang digambarkan sebagai mengirimnya dalam perjalanan ke Valhalla. Ayat dari Hákonarmál kemudian dikutip dalam mendukung, diri berisi referensi ke Valhalla.

Fagrskinna

Gambar Stenbro batu di Pulau Gotland adalah salah satu batu beberapa gambar yang menggambarkan orang mati yang diterima oleh Valkyrie di akhirat.
Sebuah gambaran dari Valkyries menghadapi para Heimdallr dewa karena mereka membawa orang yang sudah mati untuk Valhalla (1906) oleh Lorenz Frølich.

Dalam bab 8 dari Fagrskinna, sebuah narasi prosa menyatakan bahwa, setelah kematian suaminya Eric Bloodaxe, Gunnhild Bunda Raja telah disusun sebuah puisi tentang dia. Komposisi ini oleh seorang penulis anonim dari abad ke-10 dan disebut sebagai Eiríksmál, dan menjelaskan Eric Bloodaxe dan lima raja lainnya tiba di Valhalla setelah kematian mereka. Puisi tersebut dimulai dengan komentar oleh Odin (sebagai Norse Óðinn):

'Macam apa mimpi itu, "kata Óðinn,
yang tepat sebelum fajar menyingsing,
Aku pikir aku membersihkan Valhǫll,
untuk kedatangan orang dibunuh?
Aku bangun dengan Einherjar,
Valkyries menyuruh bangkit,
untuk menaburkan bangku,
dan menjelajahi gelas,

anggur untuk membawa,
untuk datang sebagai seorang raja,
di sini untuk saya, saya berharap
pahlawan 'berasal dari dunia,
tertentu yang besar,
senang hati saya adalah.

Bragi dewa itu bertanya di mana suara menggelegar datang dari, dan mengatakan bahwa bangku yang berderit dari Valhalla - seolah-olah Baldr dewa telah kembali ke Valhalla - dan bahwa hal itu terdengar seperti gerakan seribu. Odin menjawab bahwa Bragi tahu benar bahwa suara adalah untuk Eric Bloodaxe, yang akan segera tiba di Valhalla. Odin mengisahkan pahlawan Sigmund dan Sinfjötli bangkit untuk menyambut Eric dan mengajaknya ke ruang depan, jika memang dia.

Sigmund Odin bertanya mengapa ia harapkan Eric lebih dari raja lain, yang Odin menjawab bahwa Eric telah memerah pedang gore-basah dengan tanah lainnya. Eric tiba, dan Sigmund menyambut dia, mengatakan bahwa ia dipersilahkan untuk masuk ke lorong, dan bertanya kepadanya apa yang tuan-tuan lain, ia telah membawa bersamanya ke Valhalla. Eric mengatakan bahwa bersama dengan dia adalah lima raja, bahwa ia akan memberitahu mereka nama mereka semua, dan bahwa dia sendiri, adalah keenam.

pengaruh modern

Istilah ini (walhalla)memiliki pengaruh dalam budaya populer modern, baik secara langsung dipengaruhi oleh konsep mitologi Nordik atau merujuk hanya untuk pertemuan orang mati dipilih atau ruang untuk menghormati mereka. Contoh yang terakhir termasuk Walhalla candi yang dibangun oleh Leo von Klenze untuk Ludwig I dari Bayern antara 1830-1847 dekat Regensburg, Jerman, dan Abbey Tresco Gardens Valhalla museum dibangun oleh Agustus Smith sekitar tahun 1830 ke rumah figureheads kapal dari bangkai kapal yang terjadi di Kepulauan Scilly, Inggris, di mana museum berada. Sebuah kawah, Valhalla, terletak di bulan planet Jupiter Callisto, dinamai lorong.

Referensi untuk Valhalla muncul dalam sastra, seni, dan bentuk media lainnya. Contohnya termasuk K. Ehrenberg 's ilustrasi arang "Gastmahl di Walhalla (Einheriern einziehenden mit)" (1880), Richard Wagner gambaran tentang Valhalla dalam siklus opera nya Der Ring des Nibelungen (1848-1874), di Munich, Jerman yang berbasis di Jerman Neopagan majalah Walhalla (1905-1913), dan komik seri Valhalla (1978, sedang berlangsung) oleh Peter Madsen, dan selanjutnya filmnya animasi dengan nama sama (1986) [26]. Valhalla secara jelas direferensikan-dengan kalimat "Valhalla, saya datang "-dalam single hit Led Zeppelin" Immigrant Song "(1970).

Valhalla dirujuk dalam judul video game Valhalla (1983), Valhalla: Sebelum Perang (1995), dan Valhalla Knights (2006). Atraksi taman hiburan bernama setelah Valhalla Valhalla Borgen termasuk di Tivoli Gardens di Kopenhagen, Denmark dan Valhalla di Blackpool Pleasure Beach di Blackpool, Inggris.

Lokasi dinamai Valhalla ada di Amerika Utara (termasuk Valhalla, New York, Valhalla Centre, Alberta, Walhalla, Michigan, Walhalla, North Dakota, Walhalla, South Carolina, dan Walhalla, Texas), Australia (Walhalla, Victoria), dan Afrika Selatan
(Valhalla, Pretoria).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar